Frugal mama to save money

Dear my blog, kusam ta terurus, kayanya sempet nulis blog cuman bisa setaun skali T__T. Yang punya udah jadi mahmud macan dong ya mamah muda mama cantik.

Nah namanya emak emak sukanya modis (modal diskon), pengiritan, yang murah murah, barang promo, good deals, tapi bukan pelit bin medit (tanpa perlu hidup menderita tentunya!). Untuk konsep frugality, esensinya adalah being economically efficient, living better with less, termasuk konsep go green.  do invest on things that will make our life a lot easier.
Ada beberapa cara berhemat yang udah saya kerjakan, antara lain :

to be worth every penny
to be worth every penny

Di Rumah
1. Biasa matikan TV kalau emang ga ada yang nonton dan matikan lampu kalau ruangan kosong.
2. Nampung air wudhu di ember di bawah keran pancuran (kan kalau wudhu suka agak banyak air kran yang kebuang tuh, muter krannya secukupnya aja) dan air tampungannya dipake buat nyiram2 toilet.
3. Nggak buka kulkas lama2, karena kalo bukanya lama, hawa dingin keluar, jadi kulkas akan kluar power yang banyak.
4. Pas masak pake kompor beberapa saat sebelum mateng, udah bisa dimatikan, energi panasnya masih bisa dipake masak, tapi irit gas.

5. Matikan air pas cuci tangan, (pas nyabunin tangan), sikat gigi & nyuci muka (pas nyabunin), cuci piring (pas lagi nyabunin piring, gelas, panci kotor).

6. Pake shower. Pernah baca artikel bahwa satu gayung air itu lebih banyak dari beberapa detik shower.

7. Selalu cabut colokan listrik, karena barang2 elektronik masih menggunakan listrik dalam keadaan standby. Jadi tv, dvd, laptop kalo udah selesai pake dimatiin/dicabut dari stop kontaknya.

8. keresek-keresek plastik hasil blanja bulanan yang ada dikumpulin, dilipat, yang besar digunakan buat alas tempat sampah (semacam trash bag). kadang trash bag saya pake plastik bekas tempatnya dispo diapers.

9. Cuci baju pake mesin cuci kalo isi udah full ga boleh muter kalo isinya masih setengah, nyuci bisa 3 hari sekali, hemat air dan listrik.

10.Manfaatkan kertas bekas ngeprint di kantor untuk di coret coret atau pake model print bolak-balik.

Belanja

1. Nggak langganan koran atau majalah, baca online aja. Langganan koran cm hari sabtu minggu aja
2. Sering2 cari info promosi

3. komunikasi sebisa mungkin yang ga pake bayar lagi alias bbm-an, Line, Whats App yang ke-cover sm bulanannya si internet.

4. Selalu belanja sayuran di tukang sayur

5. Belanja barang baby kaya dispo diapers pas lagi promo aja.

6. Beli refill (beli botolan 1x diawal aja). Ini berlaku untuk perlengkapan masak, perlengkapan bersih bersih, kecap, saus tomat, serta semua produk yang ada refillnya. Soalnya refill ini bedanya lumayan dibanding kemasan lengkap yang pake wadah, padahal bendanya sama aja.

7. Kalo lagi di  supermarket suka bandingkan harga beberapa merk. katanya barang branded yang lebih mahal, tapi fungsinya sama suka di taruh di rak yg sejajar dengan mata, jadi sering2 liat rak bawah / atas buat harga yang lebih ‘ekonomis’.

8. Lebih memilih ngga minta dibungkus plastik kalo barang yang dibeli cukup untuk dimasukkan ke tas.

9. Hari jumat waktunya mencari promo2 barang di spm di kota saya. Banding2kan harganya dan cari best deals

10. Sebisa mungkin beli yang kemasan besar (terutama kalo selisih harga bisa jauh).

11. Belanja baju jika dan hanya jika ada diskon, dan itu pun kalo butuh, bukan cuman pingin aja.

12.Buat mama pake menspad, dan manfaatkan kertas kertas, dan koran koran tak terpakai untuk bungkus dispo pad.

Lifestyle

1. Untuk creambath ato luluran (yang mana saya jaraaang banget) bisa sendiri di rumah, ga usah ke salon, selain lebih hemat ngirit waktu.

2. Stay healthy. Makan makanan sehat & bergizi. Lebih memilih Buah dan sayur daripada mendaging. Soalnya termasuk investasi, kalo kita sehat, berarti biaya yang dikeluarkan untuk dokter dan medicine berkurang. Eat healthily, and exercise. Simple and effective.

3. Kalau makan diluar dibatesin seminggu sekali, pas keluar weekend aja. Itupun cuman pesen satu paket menu, karena satu paket isinya bisa macem macem, cuma suami dan anak aja yang makan, mama makan salad, on diet mode on, dan karena kita emang ga biasa makan banyak.

4. Bawa wadah tertutup, jaga jaga kalo makannya ga abis, bisa take away bawa pulang.

5.Bawa air mineral sendiri dari rumah kalau lagi pergi pergi

6.Belanja buah dan sayur di pasar traditional. Buah lokal lebih aman kualitasnya dan lebih murah.

7.Selalu mencatat pengeluaran di excel, jadi tau expense kita per bulan berapa. Bikin list kebutuhan bulanan, dan sebisa mungkin pengeluaran ngga keluar dari target tertulis.

8. Mix and match the Outfit. Sekalinya belanja biasanya barang2 yang butuuuhh banget ato ngga emang lagi sale dengan harga yang bener2 murah bangets. Selalu cari barang yang bisa long lasting. Malahan kalo baju anak beli yang buat setaun 2 taun di atasnya sianak, biar bisa kepake lamaan.

9.Kalo pagi suka bikin peresan jeruk nipis, naaaah sisa nya di pake scrub di muka & body

sebenernya kalo jalanan lebih manusiawi, pinginnya bike to work ato malahan run to work, selain lebih irit  BBm, juga sehat. Tapi liat para pengguna jalan disini mayoritas kayak racer, niatnya ditunda dulu.

Perlengkapan anak

1. perlengkapan baby beberapa nyewa, karena barang bayi kebanyakan cuma kepake sebentar dan daripada bingung nyimpennya.

2. Kemaren kemaren pake cloth-diaper, ternyata memang sangat membantu mengurangi pengeluaran beli pospak bulanan dan tentunya lebih eco-friendly.

3. Alhamdulillah bisa memberi anak ASI sampe 2,8 tahun selain sehat, hemat banyak banget.

4.Try to always buy seconds! sebelom nyari barang yang saya mau di toko, suka ngecek dulu di online, siapa tau ada yang jual second-nya dengan kondisi bagus dan harga lebih murah.

Frugal doesn”t mean cheap. Frugal living is about living smarter, so that you can afford to live the life that you want to live…

Leave a comment